twitter
rss


            Hai para pencari ilmu? Aku kali ini akan memberikan kalian sedikit info tentang sesorang yaitu ibnu jabir sudah ada yang kenal? Muhammad bin Ishaq bin Yasar, lebih singkatnya Ibnu Ishaq adalah termasuk sejarawan muslim yang pertama. Lahir pada tahun 85H / 704M dan meninggal pada tahun 151H /768M. Ia yang pertama kali menulis Sirat Rasulullah, yang merupakan biografi Rasululloh pertama yang paling komprehensif.ibnu sa’ad berkata tentang Ibnu Ishaq,
"Ia merupakan yang pertama mengumpulkan sejumlah ekspedisi dari Utusan Allah (Muhammad) dan mencatatnya."

            Kli ini aku tidak akan menerangkan tentang terlalu bayak siapa itu Muhammad bin Ishaq bin Yasar.Tapi Aku akan langsung memberikan tentang karya-karnya. Pokoknya beliau orang yang palingberjasa dalam ilmu sejarawan muslim.
  • ·         Buku “Sirah”
karya Ibnu Hisyam pada asalnya adalah buku “sirah” milik Ibnu Ishaq yang di revisinya, sehingga Sirah Ibnu ishaq ini merupakan buku tentang sejarah kehidupan nabi. Disamping menjelaskan kehidupan masyarakat arab setelah kedatangan Islam, disana juga terdapat sedikit cerita-cerita tentang kehidupan orang arab pra islam. “Sirah Ibnu Ishaq” ini lebih tepat di sebut sebagai sebuah dokumen yang menyimpan perjanjian-perjanjian serta peperangan-peperangan yang pernah terjadi dahulu, sehingga dengan rinci di situ di sebutkan siapa saja mereka yang ikut terlibat dalam peperangan tersebut dari kedua belah pihak, serta apa saja yang terjadi di antara mereka. Selain nilai sejarah, buku ini juga menyimpan kekayaan sastra yang tinggi, karena dalam buku ini Ibnu Ishaq mencantumkan banyak sya’ir yang pernah masyhur, seperti sya’ir-sya’ir yang dulu muncul dalam peperangan atau dalam kejadian-kejadian yang lain.
             Nantikan kisah baru lainnya
(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar